Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Pestisida Alami

Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Pestisida Alami - Daunsirihmerah.com,- Kandungan senyawa flavanoid, minyak atasiri dan tanin pada daun sirih merah dapat menghaslkan aroma yang khas. Aroma ini berupa bau yang tidak disukai oleh hama tanaman. Jika hama tanaman berlama-lama menghirup aroma yang dikeluarkan oleh daun sirih merah akan menyebabkan kelemasan dan kematian secara perlaha. Itulah Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Pestisida Alami yang patut dipraktekan sebagai pengganti pestisida kimia yang malah beresiko menumbulkan keresistenan hama terhadap dosis pestisida.

manfaat daun sirih merah sebagai pestisida alami

Mengusir hama dengan cara alami sangat banyak menfaatnya, selain menjaga hama tersebut agar tidak menjadi hama abnormal, juga dapat menghemat biaya produksi sekaligus mengambil manfaat tambahan dari daun sirih merah ini. Jenis hama yang paling banyak diusir adalah hama jenis penghisap dan pemakan daun-daunan, seperti ulat bulu, belalang dan beberapa serangga lain.

Cara Membuat sirih merah menjadi pestisida alami sebagai tanaman. Cara yang baik dan benar akan menghasilkan suatu efek yang bagus, untuk itu harus cerman dalam mengolah Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Pestisida Alami ini., yang paling penting adalah dominansi tanaman daun sirih merah jangan terlalu banyak dan daun sirih merah jangan pernah disemprot oleh pupuk kimia, sebab hal itu akan mengurangi zat yang terkandung dalam daun sirih merah. Anda bisa menanamnya daun sirih merah dengan kerapatan 3 meter satu tanaman sirih merah.

Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Pestisida Alami dengan cara dibuat rebusan dan disiramkan. Caranya adalah dengan menumbuk sekitar 20 lembar daun (banyak kurangnya) bisa di sesuaikan dengan luas dan banyaknya tanaman anda. Setelah ditumbuh halus, rendamlah tumbukan tersebut selama kurang lebih 10 menit terhadap air yang jika disemprotkan mampu membasahi area tanaman anda. Setelah itu saring dan pisahkan antara hasil tumbukan dan airnya.

Airnya bisa anda gunakan untuk menyiram, dan ampas tumbukannya bisa anda bisa taruh dibagian bawah pohon. Selain untuk pestisida alamai, ampas tadi juga bisa menyuburkan tanah dan memupuk tanaman. Jika ekstrak dari daun sirih merah tadi masih banyak, anda bisa menyimpannya dalam jerigen untuk kebutuhan lama. Namun jangan terlalu lama, sebab nantinya akan menjadi lendir dan membeku, sulit untuk dijadikan siraman.

Manfaat Daun Sirih Merah Sebagai Pestisida Alami ini sangat cocok untuk tanaman dengan sekala kecil dan menengah, jenis tanamannya adalah hydroponik. Jika jenis tanamannya yang menahun, sebaiknya dengan cara menanam langsung daun sirih merah lahan pertanian.

Pestisida alami dari daun sirih merah sangat ampuh mengusir kutu daun aphid, trhips. Kutu ini banyak menyerang sayur-sayuran. Makanya tidak heran jika daun sayuran seperti cabai, sawi dan lainnya pada bagian bawah daun terdapat kutu-kutu yang menggerogoti daun. Daun akan terlihat kering seperti terbakar dan buahnya akan kecil dan busuk. Penggunaan yang tepat adalah pada waktu sore dan pagi hari.