Macam-macam Daun Sirih dan Kegunaan atau Khasiatnya

Macam-Macam Daun Sirih dan Kegunaannya - Daunsirihmerah.com,- Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang sangat populer di Indonesia. Ada berbagai Macam-Macam Daun Sirih yang bisa kita jumpai, khasiatnya pun berbeda tergantung kandungan yang terdapat didalamnya. Daun sirih merupakan jenis tanaman yang merambat, batangnya menjalar bahkan melilit sekitaran tempat dia tumbuh untuk menopang tangkai dan daunnya.

macam-macam daun sirih

Macam-macam Daun Sirih Dan Khasiatnya

Daun sirih merah.

Daun sirih merah memiliki ciri daunnya berwarna merah (merah tua), jenis sirih ini berasal dari sulawesi, namun saat ini bisa dijumpai diseluruh indonesia, banyak orang yang membudidayakannya agar mudah jika diperlukan untuk obat. Kandungan yang terdapat didalamnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit hepatitis, nyeri sendi, radang, maag, dan kolesterol.

 

Daun Sirih Hitam.

Macam-Macam Daun Sirih yang selanjutnya adalah sirih dengan ciri-ciri fisik warna daunnya hitam, bentuk daunnya lebih kecil dan pertumbuhannya sangat sulit. Sirih jenis ini sangat sulit ditemui dibandingkan dengan sirih lain dikarenakan budidayanya yang sangat sulit. Jika kita bel dari toko herbal harganyapun akan sangat mahal.

 

Berbeda dengan daun sirih merah atau hitam yang dianggap dapat menjadi obat, tanaman daun sirih malah banyak dikaitkan dengan hal-hal mistsis dan berbau gaib, tidak heran jika ingin mencari daun ini akan mudah mendapatkannya di tempat perdukunan dan lembah-lembah yang dianggap berpenghuni.

 

Daun Sirih Bulu

Jenis daun sirih bulu memiliki ciri khas yaitu pada batang dan daunnya terdapat bulu halus yang menyelimuti bagian permukaan tubuhnya, jika kita raba bulu ini akan sangat terasa bahkan dilihat dengan kasat matapun bisa. Untuk bentuknya tidak berbeda dengan daun sirih lainnya. Selain itu untuk membedakan dengan daun sirih yang lainnya bisa dengan menghitung ruas tulang daun. Ternyata Daun siri bulu memiliki tulang daun mencapai 12,berbeda dengan Macam-Macam Daun Sirih lainnya yang hanya memiliki 5 ruas tulang,

Daun Sirih Kuning

Di daerah-daerah sirih jenis ini dikenal dengan sirih gading, alasannya karena warna daunnya yang kuning mirip gading. Sekilas orang akan mengira kalau sirih jenis ini adalah sirih biasa, warna kuning yang dimilikinya sebagai efek dari usia yang sudah layu, padahal daun tersebut bukan layu.

Daun Sirih Silver.

Tanaman ini banyak dijumpai di village atau hotel-hotel berbintang, warnanya yang cantik suka ditanam sebagai tanaman hias. Belum ada kepastian khasiat dari jenis ini, perlu diadakan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan yang terdapat didalamnya. 

Daun Sirih Putih.

Macam-Macam Daun Sirih yang terakhir adalah sirih putih. tanaman jenis ini memiliki warna daun putih, sekilas nampak seperti daun sirih hijau biasa namun terdapat debu diatas permukaannya. Warna putih yang terdapat pada daunnya ini tidak permanen, akan memudar seiring dengan masa tumbuhnya.

Semua macam daun sirih diatas bisa anda temui di apotik hidup. Sampai saat ini perubahan warnanya tidak dipengaruhi oleh kandungan zatnya, namun dipengaruhi oleh pigmen dari lingkungan sekitar seperti suhu udara dan ph tanah.